Pengaruh Peningkatan Limbah Domestik Terhadap Kualitas Air di Kota

Bumi kita ini tersusun atas beberapa unsur. Unsur-unsur inilah yang saling menyatu dan mengikat antara satu dengan yang lainnya sehingga terbentuklah bumi yang bulat seperti yang kita lihat sekarang ini. Unsur-unsur itu juga sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Seperti penggunaan oksigen untuk bernafas, tanah sebagai tempat berpijak, tumbuhan sebagai penghasil oksigan, air, dll.

Air merupakan salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup yang hidup di bumi, tanpa air bumi ini akan kering-kerontang dan bisa dikatakan  bahwa tidak akan pernah ada kehidupan makhluk hidup di bumi ini.

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat tergantung dengan adanya air. Hampir seluruh kehidupan sehari-hari manusia itu bergantung dengan adanya air, mulai dari keperluan minum, memasak, mandi, mencuci dan lain-lain. Namun bukan berarti bahwa semua air yang ada di bumi dapat digunakan secara langsung tapi harus melalui proses dulu, seperti air yang ingin diminum harus dimasak dahulu untuk membunuh kuman-kumannya.

Seiring dengan berjalannya waktu dari masa ke masa dan pertambahan populasi penduduk di dunia jumlah kebutuhan akan air pun meningkat. Peningkatan populasi ini juga menambah jumlah rumah-rumah dan tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan perumahan, industri dan perkantoran. Hal ini justru akan meningkatkan tingkat pencemaran air di lingkungan kita. Yang dulunya air itu mengalir dengan jernih kini mulai keruh dan menghitam disebabkan kerena pencemaran ini.

Salah satu faktor penyebab pencemaran air itu selain dari limbah industri adalah limbah domestik. Limbah domestik ini telah mengakibatkan penurunan kualitas air baik itu di kota atau bahkan di desa sekalipun. Khususnya di Indonesia kota-kota besar yang ada telah mengalami pencemaran air yang akan membahayakan bagi pengguna air tersebut jika mereka tidak berhati-hati.

Kota-kota besar merupakan salah satu kota yang mengalami pencemaran air akibat dari limbah-limbah domestik yang dihasilkan oleh rumah-rumah penduduk. Limbah ini memang tidak terlalu berefek besar dalam jumlah yang kecil tapi dalam jumlah besar limbah ini akan sangat merusak dan membahayakan. Memang hal ini belum cukup parah akan tetapi jika tidak dilakukan penanggulangan sejak sekarang pancamaran ini akan semakin parah dan membahayakan kehidupan generasi selanjutunya.

Dari kesadaran inilah kami sepakat mengangkat perkara ini sebagai judul penelitian kami. Agar nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senangtiasa menjaga kualitas air dengan mencari jalan untuk mengurangi dan menanggulangi proses pencemaran tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s